CONTROL PANEL HOSTING

Saat ini bukan hanya perusahaan saja yang menggunakan website untuk menunjang proses pemasaran dan sebagainya namun sudah merambah ke website pribadi dengan Blog yang berisi konten-konten dan artikel-artikel sesuai dengan tema web pribadinya. Penggunaan website memberikan peranan yang paling penting maka dari itu perlu ditunjang dengan beberapa tools, dan salah satu tool tersebut adalah control panel hosting.

Tool yang disediakan oleh penyedia web hosting untuk kemudahan dalam hal operasional, mengatur, menjalankan, dan mengelola berbagai fasilitas yang ada di web hosting. Dengan adanya control panel hosting ini, pemilik website dan penyedia web hosting dapat melakukan pengaturan untuk segala aktivitas yang terkait dengan domain, website, dan web hosting.

Kontrol panel yang paling populer saat ini adalah cPanel dan Plesk. Ada beberapa jenis control panel hosting yang tersedia secara online dan semuanya itu menawarkan fitur-fitur serta desain layanan yang berbeda-beda, seperti DirectAdmin, ISPConfig, Kloxo, Zpanel, EHCP dan banyak jenis control panel hosting yang lainnya.

Adapun fungsi dari kontrol panel hosting adalah

  • Pengaturan, registrasi, dan transfer nama domain
  • Penginstallan aplikasi
  • Pengelolaan email address
  • Pengecekan statistik pengunjung website
  • Back-up data
  • Monitor performa server

PENGENALAN HOSTING

Penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. jadi hoting itu hanyalah sebuah komputer sebagai tempat untuk menyimpan File dan data kebutuhan Web seperti file html, php, gambar, animasi, audio maupun video.

Definisi, Fungsi dan keuntungan Hosting
Hosting adalah sebuah layanan berbasis internet/online sebagai tempat penyimpanan data atau tempat menjalankan aplikasi berbasis web yang dapat di akses melalui jaringan internet. Hosting juga dikenal sebagai Web Hosting. Untuk mendapatkan layanan hosting website harus memiliki domain terlebih dahulu yang akan disimpan pada DNS server

Fungsi Hosting secara umum yaitu untuk menyediakan layanan sebagai tempat penyimpanan data atau file dari sebuah aplikasi atau website secara online, sehingga bisa diakses oleh orang banyak dengan jaringan internet.

Keuntungan Hosting diantaranya adalah kemudahan dalam mengakses data atau aplikasi berbasis web selain itu ada beberapa keuntungan lainnya dari hosting.

  • Website selalu online dan mudah diakses
  • Aman dari mailware dan hacker
  • Pengelolaan website jadi lebih mudah
  • Terdapat layanan bantuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *