Desain Grafis

Dasar Desain Grafis
Source: toolshero.com

Desain grafis adalah kerajinan di mana para profesional membuat konten visual untuk mengkomunikasikan pesan. Dengan menerapkan hierarki visual dan teknik tata letak halaman, desainer menggunakan tipografi dan gambar untuk memenuhi kebutuhan spesifik pengguna dan fokus pada logika menampilkan elemen dalam desain interaktif, untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna.

Desain grafis berawal dari kerajinan kuno, berasal dari hieroglif Mesir hingga lukisan gua berusia setidaknya 17.000 tahun. Ini adalah istilah yang berasal dari industri percetakan tahun 1920-an. Ini terus mencakup berbagai kegiatan termasuk pembuatan logo. Desain grafis dalam pengertian ini menyangkut daya tarik estetika dan pemasaran. Desainer grafis menarik pemirsa menggunakan gambar, warna, dan tipografi.

Pengertian Desain Grafis Secara Umum

Source: Thanzi Thanzeer/unsflash.com

Desain grafis adalah sebuah karya estetika yang diolah dari proses komunikasi menggunakan elemen visual (tipografi, fotografi, dan ilustrasi) untuk menyampaikan pesan atau informasi secara efektif. Para desainer grafis bekerja meng-kombinasikan simbol, gambar, dan teks berdasarkan kreativitas desain hingga perancangan ilmu grafis. Adapun teknik yang digunakan dalam desain grafis yaitu teknik tipografi, seni rupa, dan tata letak(layout).

Pada mulanya desain grafis sering digunakan secara umum untuk keperluan perusahaan seperti logo dan merek, desain editorial (surat kabar, buku, majalah), periklanan, desain lingkungan, desain web, desain komunikasi, hingga desain kemasan produk (packaging).

Desain grafis menjadi sangat penting dalam menunjang kebutuhan tren dunia digital yang terus berkembang. Kunci utama yang menjadi dukungan pada desain grafis yaitu semakin banyaknya ide serta mengikuti tren teknologi editing yang terus berkembang. Desain grafis telah menjadi penyambung pesan secara visual bagi para audiens. Bahkan akhir-akhir ini desain grafis menjadi commercial art karena visualisasinya membantu para pebisnis dalam meningkatkan nilai jual.

Desain Grafis Menurut Para Ahli

  1. Suryanto
    Desain Grafis menurut Suryanto, yaitu Aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi sebagai kebutuhan bisnis dan industri. Aplikasi-aplikasi tersebut meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis; desain informasi; dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
  2. Jessica Helfand
    Jessica Helfan mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen tersebut, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.
  3. Michael Kroeger
    Definisi desain grafis dari Michael Kroeger, yaitu Visual Communications (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui tema-tema visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran
  4. Blancard
    Menurut Blancard desain grafis didefinisikan sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan. Demikian halnya senada dengan definisi yang dipaparkan.

Kategori Desain Grafis

Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:

  1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
  2. Web Desain: desain untuk halaman web.
  3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
  4. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.
  5. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
Software Pendukung Desain Grafis
JENIS SOFTWARE NAMA SOFTWARE
Gambar Bitmap
Adobe Photoshop, Adobe Dimension', Libre, Macromedia Freehand, Corel Photo Paint, GIMP,
Gambar Vector
CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Inkscape
Manipulasi Foto
Photo Shine, Photo Scape, Picture Manager, Open Clip Art Library, ACDSee
Editing foto, publikasi, brosur, poster, layout
Adobe Page Maker, PosteRazor, Xara Designer, Adobe Indesign, Adobe Frame MakerCanva
Menggambar
Manga Studio, Pen Tool
Editing video, dan animasi video
Adobe Premiere Pro, Adobe After Effect, Corel Video Studio, Camtasia Studio, Anime Studio
Web Design
Adobe Dreamwaver, Adobe Muse, Autodesk SketchBook
3D
3D Max, Blender, Google Sketch Up, 3DVIA Shape, Sculptris

Unsur-unsur Tata Letak Desain Grafis

1. Garis (Line)
Garis merupakan unsur dasar dalam sebuah bentuk desain. Unsur garis adalah unsur yang merupakan titik/poin yang saling terhubung dengan titik/poin lainnya yang akan membentuk sebuah bentukan gambar garis seperti garis lurus, lengkung, zigzag, tidak beraturan, horizontal, vertikal, diagonal.

Berikut beberapa jenis garis beserta kesan yang ditimbulkan.
a. Garis lurus horizontal mengungkapkan kesan tenang dan wawasan luas.
b. Garis lurus vertikal mengungkapkan kesan stabil, statis, tenang, kekuatan, atau kemegahan.
c. Garis putus-putus mengungkapkan kesan gerak dan gelisah.
d. Garis silang atau diagonal mengungkapkas kesan gerak, ringan, dinamis, tegang, dan ragu.
e. Garis lengkung mengungkapkan kesan luwes, lamban, irama, santai dan kehidupan.
f. Garis zig-zag mengungkapkan kesan semangat, dinamika atau grak cepat.
g. Garis spiral mengungkapkan kesan kelahiran atau gelombang kekuatan.

Jika ada yang kurang jelas silahkan isi pada kolom komentar!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *