TEKNOLOGI ROUTING

Apa itu Routing ?

Routing adalah tindakan meneruskan paket jaringan dari sumber jaringan berbeda menuju ke jaringan lainnya. Proses routing terjadi berawal dari perangkat pengirim (PC/Komputer), setiap komputer yang terhubung ke jaringan pasti memiliki tabel routing sendiri. Anda pasti sering diminta melakukan  konfigurasi pengalamatan IP Address untuk gateway, tujuan IP gateway ini adalah meneruskan paket data yang dikirim dari jaringan lain ke gateway default-nya.

Untuk melakukan pengecekan daftar routing yang tersimpan dalam komputer (contoh komputer berbasis Windows) anda dapat mengetikan perintah C:\>route print pada command prompt

Jika ada pernyataan bahwa tabel routing itu hanya dimiliki oleh perangkat router, berarti pernyataan tersebut tidak benar. Hal tersebut dikarenakan semua proses routing berawal dari host. Fungsi tabel routing pada host adalah menyediakan informasi tentang cara menangani dan melewatkan paket yang dikirim dari workstation.

Perhatikan daftar tabel routing berikut:

Tabel 1: Daftar Routing

Berikut penjelasan dari setiap kolom pada tabel 1

  1. IPv4 Route Table, menginformasikan pengalamatan Internet Protokol versi 4.
  2. Active Routes, menginformasikan daftar routing yang aktif dalam host.
  3. Kolom Network Destination (Network Tujuan) memiliki nilai 0.0.0.0 adalah wildcard yang mempresentasikan semua tujuan jaringan yang tidak terdaftar.
  4. Kolom Netmask bernilai 0.0.0.0 artinya semua paket data yang dikirim tidak terbatas pada subnet mask tertentu saja.
  5. Kolom Gateway (Alamat Router) dengan IP Address 10.11.79.254 berarti jika terdapat paket data dengan tujuan tidak terdaftar dan tidak berada dalam jangkauan netmask akan di arahkan pada IP Router 10.11.79.254
  6. Kolom Interface dengan IP Address 10.11.79.250 merupakan alamat interface host atau komputer yang akan di lewati paket data.
  7. Kolom Metric, menginformasikan nilai yang digunakan sebagai acuan bagi tabel routing untuk menentukan jalur routing dalam pengiriman paket data, semakin tinggi nilainya semakin rendah prioritasnya.

Route Table

Route Table atau Tabel Routing adalah tabel pada perangkat yang menyimpan informasi mengenai jalur routing dalam jaringan. informasi tabel routing sangat penting dalam jaringan, ketika anda akan mengirimkan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

dibawah ini adalah tabel routing dalam perangkat Cisco.

Dalam informasi di atas terdapat dua kelompok baris berbeda yaitu kelompok Informasi Kode dan Kelompok Informasi tentang Kode, Network, AD/Matric, Next Hop dan Interface.

Tabel: Tampilan Elemen Routing Table

Code Network AD/Matric Next Hop Interface
C
192.168.0.0
Directly Connected
GigabitEthernet0/1
L
192.168.0.254
Directly Connected
GigabitEthernet0/1
C
192.168.1.0
Directly Connected
GigabitEthernet0/0
L
192.168.1.1
Directly Connetted
GigabitEthernet0/0
R
192.168.2.0
[120/1]
192.168.1.2
GigabitEthernet0/0
R
192.168.3.0
[120/2]
192.168.1.2
GigabitEthernet0/0

Penjelasan:

  1. Code menginformasikan tentang proses dalam routing
  2. Network menginformasikan alamat jaringan dan prefix menunjukan subnet mask-nya
  3. AD/Matric (Administrasi Distance/Matric) menginformasikan nilai prioritas dan memilih jalur rute terbaik jika memiliki beberapa jalur
  4. Next Hop menginformasikan ip router berikutnya
  5. Interface menginformasikan jenis interface yang akan dilalui paket data

Referensi:
     Buku AIJ kelas XI : Novianto A. 2019. Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jakarta. Erlangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *